PRIBADI
KRISTUS
A.
Kaitan
antara antropologi dan kristologi
Doktrin manusia dan doktrin kristus memiliki kaitan yang snagat erat. Doktrin
mnusia membehas tentang manusia, yang diciptakan menurut gambar Allah dan
dibekali dengan pengetahuan yang benar,
kebenaran dan kesucian.
Kristologi adalah bagian dari jawaban atas
tangisan tersebut. Kristologi
memperkenalkan kita pada karya Allah yang objektif untuk menjembatani ruang
pemisah yang lebar itu dan menyingkirkan jarak pemisah yang ada.antropologi berorientasi
kepada perhatian Allah yang penuh kasih dalam persahabatan, dengan manusia yang
menunjang kehidupan persekutuan yang
penuh berkat Allah.
B. Doktrin
tentang kristus sebelum reformasi
-
Sampai konsili chalcedon. Dalam
literatur kristen abad mula-mula, kristus disebut sebagai Allah dan manusia,
anak manusia, juga anak Allah.paulus dari samosata adalah tokoh utama ajaran yang membedakan
antara yesus dan logos. Yesus adalah manusia seperti manusia biasa, sedangkan
logos sebagai pemikran ilahi yang tidak berpribadi.Harnack mengatakan bahwa
sebagian besar dari mereka menganggap
kristus adalah Roh yang secara
subtansi setara dengan bapa.
-
Setelah konsili chalsedon. Kekeliruan
Eutychus tetap diteruskan oleh kaum monosifit dan monotelit, tetapi kemudian
gereja berhhasil memperbaikinya.abab pertengahan hanya memberikan sedikit sumbangsi kepada doktrin pribadi kristus.
Natur manusiawi kristus menerima dua macam anugerah berkenan dengan persatuan
dengan logos yaitu: 1. Gratia unionis, 2. Gratia Habitualis.
C. Doktrin
kristologi setelah reformasi
-
Sampai abad sembilan belas. Reformasi
membuat perubahan besar dalam doktrin pribadi kristus. Teologi-teologi reformed
melhat adanya pendapat eutychanisme atau campuran kedua natur kristus dalam
doktrin luteran.pengakuan helvetic adalah kami mengakui bahwa didalam yesus
yang satu dan yang sama memiliki dua
natur ilahi dan manusiawi.
-
Di abad sembilan belas. Pada awal ini
suatu perubahan besar terjadi dalam bidang studi tentang pribadi kristus.
Schleiermacher adalah orang pertama yang melopori perkembangan.
Schleiermacher tak ada orang lain
mempuyai pengaruh yang lebih besar pada teologi dewasa ini selain dari pada
Albrecht Ritschl.
Nama-nama dan natur-natur kristus
-
Nama-nama Kristus
Ada
lima natur yang dibicarakan yaitu:
1. Nama
Yesus. Nama Yesus adalah bentuk bahasa
yunani dari kata bahasa ibrani jehoshua, joshua, Yos 1:1; ZA 3:1 atau ester
2:2.
2. Nama
Kristus. Jika yesus merupakan sebua nama diri, maka nama kristus adalah nama
jabatan, nama mesias.nama yesus setara dengan
Maschiach yang dipakai dalam perjanjian lama yang artinya mengurapi.
3. Nama
anak manusia. Dalam perjanjian lama anak manusia dapat ditemukan dalam MZM 8:4;
Dan 7:13 dan seringkali muncul dalam nubuatan yeheskiel.
4. Nama
Anak Allah. Nama anak Allah dipakai dalam perjanjian lama untuk bergaimacam yujuan yaitu: bagi bangsa israel, para pemimpin, para
malaikat, orang-orang yang snagat setia
dan taat secara umum. Nama itu ditunjukan kepada yesus dalam emapt pengertian
berdeba yang tidak selalu dibedakan
dalam alkitab yaitu: 1. Jabatan. Sebagai
jabatan penjabar jabatan yesus dan bukan
untuk menunjukan naturnya.
2. Tritunggal. Nama ini kadang-kadang dipakai
untuk menjukan sebagai kebenaran bahwa
yesus sebagai putra tunggal Allah yang kekal.
3. kelahirannya,kristus
juga disebut anak Allah karena kelahirannya yang supranatural.
4. etis-religius, artinya anak-anak Allah
diterapan dalam orang percaya dalam perjanjian baru.
5. nama Tuhan.
(kurios). Nama Tuhan dpakai untuk menyebut Allah dalam septuaginta. Sebagai nama yang setara
dengan yehovah, sebagai pengganti nama adonay, sebagi gelar penghormatan yang
dinaikan oleh manusia kepada Allah.
-
Natur-natur kristus
Sungguh
amat penting bagi kita untuk memegang doktrin ini sebagaimana dirumuskan oleh
chalsedon dan disebutkan dalam patokan iman kita.
1. Bukti-bukti alkitab tentang yesus kristus
2. Bukti-bukti
alkitab tentang kemanusiaan krsitus yang sungguh nyata
3. Bukti
alkitab tentang kemuliaan kristus yang
tidak berdosa
4. Perluhnya
kedua natur itu dalam diri kritus.
Kesatuan Pribadi
kristus
Pada tahun 451 berlangsung konsili
chalcedon yang merupakan pengakuan iman gereja
berkenan dengan pribadi kristus.rumusan ini lebih banyak bersifat
negatif dan terutama berusaha menjaga kebenaran ini terhadap berbagai macam pandangan sesat yang berusaha menyerang. Beberapa aliinea
berikut dimasukkan sebagai suatu pernyataan singkat doktrin gereja yaitu:
-
Pernyataan tentang pandangan gereja berkenan dengan pribadi
kristus
·
Hanya ada satu pribadi saja
·
Natur manusiawi kristus tidak membentuk satu
pribadi manusia
·
Pada saat yang sama tidak benar
mengatakan bahwa natur manusiawi kritus
tidak berpribadi
·
Kita tidak boleh natur manusiawi kristus sebagai natur yang
tidak sempurna
·
Subsitensi pribadi ini tidak oleh
dicampurkan dengan kesadaran dan kehendak bebas.
·
Satu pribadi ilahi.
-
Bukti alkitab atas kesatuan pribadi
kristus
Doktrin dua natur dalam
satu pribadi melampaui pikiran manusia.kita harus memperhatikan ajaran
alkitab tentang pokok persoalan ini.
·
Tidak ada bukti dua kepribadian dalam
alkitab
·
Kedua natur itu disebutkan dalam alkitabsebagai
satu kesatuan dalam satu pribadi
·
Pribadi yang satu itu disebutkan didalam
istlah yang benar untuk masing-masing natur.
-
Akibat dari persatuan kedua natur dalam
satu pribadi
·
Tidak ada peubahan yang penting dalam
natur ilahi
·
Tiga cara berkomunikasi yang dihasilkan
dari inkarnasi
·
Manusia Allah itu adalah objek doa.
-
Kesatuan pribadi kristus sebuah misteri
Persatuan kedua natur
dalam sebuah pribadi adalah sebuah misteri yang tak dapat kita tangkap hal itulah sering disangkali.
-
Doktrin lutheran tentang komunikasi
atribut-atribut itu
·
Pernyataan pendapat kaum lutheran
·
Keberatan-kebaratan terhadap kaum
lutheran
-
Doktrin kenosis dalam berbagai bentuk
·
Pernyataan doktrin ini
·
Bagian alkitab yang dianggap dasar
sebagai doktrin ini
·
Keberatan-kebaratan terhadap doktrin
kenosis
-
Teori ingkarnasi bertingkat
Dorner adalah salah seorang
penentang uang paling awal dan paling
besar dari teori kenosis.dorner memacu diri untuk menyusun teori lain yang berusaha melepaskan diri dari kekeliruan dari teori kenosis.